Translate

Senin, 14 November 2011

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah program perencanaan yang disusun sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran untuk setiap kegiatan proses pembelajaran. RPP dikembangkan berdasarkan silabus.
Dalam RPP minimal ada 5 komponen pokok, yaitu tujuan pembelajaran, materi pelajaran, metode, media dan sumber belajar, serta evaluasi.
1.   Tujuan Pembelajaran
Dalam standar isi dan standar kompetensi lulusan, tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk kompetensi yang harus dicapai atau dikuasai siswa. Dalam merumuskan tujuan pembelajaran, tugas guru adalah menjabarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi indikator hasil belajar.

2.   Materi Pelajaran
Materi Pelajaran berkaitan dengan bahan pelajaran yang harus dikuasai siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran. Materi pelajaran ini harus digali dri berbagai sumber belajar sesuai dngan tujuan yang harus dicapai     
3.   Strategi dan metode pembelajaran
Strategi dan metode pembelajaran harus dirancang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Strategi dan metode pembelajaran harus dapat mendorong siswa untuk beraktivitas sesuai dengan gaya belajarnya.  Dengan memiilh Strategi dan metode pembelajaran yang tepat maka proses pembelajaran akan berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, memberikan ruang yang cukup bagi pengembangan prakarsa, kreativitas sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologi peserta didik
4.   Media dan sumber belajar
Media adalah alat bantu untuk mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang mengandung pesan yang harus dipelajari sesuai dengan materi pelajaran. Penentuan media dan sumber belajar harus sesuai dengan karakteristik peserta didik dan daerah.
5.   Evaluasi
Evaluasi dalam KTSP diarahakan untuk mengukur keberhasilan siswa dalam pencapaian hasil belajar, dan untuk merngumpulkan informasi tentang  proses pembelajaran yang dilakukan setiap siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger