Merancang
pengalaman belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran merupakan aspek
penting dalam perencanaan pembelajaran. Merancang pengalaman belajar pada
hakikatnya menyusun skenario pembelajaran sebagai pedoman guru dan siswa dalam
melaksanakan proses pembelajaran.
Pengalaman
belajar adalah sejumlah aktivitas siswa yang dilakukan untuk memperoleh
informasi dan kompetensi baru sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Untuk
merancang dan mengembangkan pengalaman belajar siswa, perlu mempertimbangkan
hal-hal berikut:
1. sesuaikan dengan tujuan atau kompetensi
yang akan dicapai
Untuk merumuskan tujuan yang
berada dalam domain kognitif, maka pengalaman belajar dapat dirancang hanya
dengan mendengarkan atau membaca. Untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam
domain afektif maupun psikomotorik tentunya berbeda lagi.
2. sesuaikan dengan jenis bahan atau materi
pelajaran
Pengalaman belajar yang
direncanalkan harus memperhatikan karakteristik materi pelajaran baik dari
kompleksitas materi maupun pengemasannya.
3. ketersediaan sumber belajar
Pengalaman belajar yang
direncanakan harus memperhatikan ketersediaan sumber belajar yang dapat
digunakan.
4. sesuaikan dengan karakteristik siswa
karakteristik siswa yang harus
dipertimbangkan antara lain minat, bakat, kecenderungan gaya belajar, dan
kemampuan dasar siswa
Pengembangan
pengalaman belajar menuntut guru untuk kreatif dan inovatif sehingga mampu
menyesuaikan kegiatan mengajarnya dengan gaya dan karakteristik belajar siswa.
Beberapa hal yang dapat dilakukan guru dalam mengembangkan pengalaman belajar
siswa di antaranya adalah:
1. Memberikan berbagai alternatif tujuan
pembelajaran yang hendak dicapai sebelum kegiatan pembelajaran dimulai.
2. Menyusun tugas-tugas belajar bersama siswa
3. memberikan informasi tentang kegiatan
pembelajaran yang harus dilakukan
4. memberikan bantuan dan pelayanan kepada
siswa yang memerlukan
5. memberikan motivasi kepada siswa untuk
belajar dan memberikan bimbingan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan.
6. membantu siswa dalam menarik kesimpulan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar