Translate

Jumat, 12 November 2010

The Company You Keep ( Mencari Teman Membentuk Kelompok)

Teknik ini memperkenalkan gerakan fisik tepat sejak awal dan membantu peserta didik lebih saling mengenal satu sama lain. Aktivitas kelas bergerak dengan cepat dan banyak menyenangkan.
Prosedur:
1. Buatlah sebuah daftar kategori yang anda pikir mungkin tepat dalam sebuah kegiatan untuk lebih mengenal pelajaran yang anda sampaikan. Kategori-kategori ini antara lain sebagai berikut:
o Bulan kelahiran
o Orang-orang yang suka atau tidak suka ( mengidentifikasi sebuah kesukaan, seperti puisi, bermain peran, ilmu pengetahuan, atau komputer)
o Kesukaan (mengidentifikasi beberapa hal, seperti buku, lagu atau restoran fast food)
o Tangan yang anda gunakan untuk menulis
o Warna sepatu anda
o Setuju atau tidaknya dengan beberapa pernyataan opini tentang sebuah isu hangat (misalnya,” Jaminan pemeliharaan kesehatan hendaknya bersifat universal.”)
Anda dapat juga menggunakan berbagai kategori yang secara langsung mengaitkan dengan pelajaran yang anda ajarkan, seperti berikut ini:
• Pengarang favorit
• Orang-orang yang setuju atau tidak setuju (identifikasilah sebuah persoalan yang dikaitkan dengan topik pelajaran anda)
• Orang-orang yang tahu atau tidak tahu siapa atau apa (identifikasilah orang atau konsep yang dikaitkan dengan topik pelajaran anda)
2. Bersihkan ruang lantai agar peserta didik dapat berkeliling dengan bebas.
3. Sebutlah sebuah kategori. Arahkan para peserta didik untuk menentukan secepat mungkin semua orang yang akan mereka kaitkan dengan kategori yang ada. Sebagai contoh, para penulis dengan tangan kanan dan penulis dengan tangan kiri akan terpisah menjadi dua kelompok, atau orang-orang yang sepakat dengan sebuah pernyataan yang akan terpisah dari orang-orang yang tidak setuju. Jika kategori tersebut berisi lebih dari dua pilihan (misalnya, bulan kelahiran peserta didik), mintalah peserta didik berkumpul dengan orang-orang yang menyukai mereka, yang dengan demikian membentuk beberapa kelompok.
4. Ketika peserta didik telah membentuk kelompok-kelompok yang tepat, mintalah mereka berjabatan tangan dengan teman yang mereka jaga. Ajaklah semua untuk mengamati secara tepat berapa banyak orang yang ada di dalam kelompok-kelompok yang berbeda.
5. Lanjutkan segera pada kategori berikutnya. Jagalah peserta didik tetap bergerak dari kelompok ke kelompok ketika anda mengumumkan kategori-kategori baru.
6. Kumpulkan kembali seluruh kelas. Diskusikan perbedaan peserta didik yang muncul dari latihan tersebut.
Variasi:
i. Mintalah peserta didik agar lebih menentukan seseorang yang berbeda dengan mereka daripada orang yang sama. Sebagai contoh, anda mungkin meminta peserta didik untuk mencari seseorang yang mempunyai mata dengan warna yang berbeda dari yang lain. (Kapanpun tidak ada jumlah peserta didik yang sama dalam kategori-kategori yang berbeda, maka berikan lebih dari satu orang dari sebuah kelompok untuk berkerumun dengan orang dari kelompok lain).
ii. Ajaklah peserta didik untuk mengusulkan berbagai kategori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger