Para peserta didik biasanya memegang beberapa kepedulian terhadap suatu pelajaran yang mereka hadiri untuk pertama kali, khususnya jika pelajaran itu bercirikan belajar aktif. Kegiatan ini memungkinkan kepedulian ini untuk diungkapkan dan didiskusikan secara terbuka, namun dengan cara yang aman.
Prosedur:
1. Jelaskan kepada siswa bahwa mereka mungkin memiliki kepedulian terhadap pelajaran. Kepedulian ini mungkin mencakup beberapa hal berikut ini:
o Berapa sulit pekerjaan atau mungkin pekerjaan tersebut menghabiskan waktu.
o Bagaimana berpartisipasi dengan bebas dan menyenangkan.
o Bagaimana siswa berfungsi dalam kelompok belajar yang kecil.
o Bagaimana memilih guru.
o Cara yang mudah membaca materi.
o Jadwal waktu untuk mata pelajaran itu.
2. Cantumkan bagian persoalan pada sebuah papan atau flip chart. Dapatkan yang lain dari para anggota kelas.
3. Tentukan prosedur pemilihan yang memungkinkan kelas itu memilih 3 besar atau 4 masalah penting.
4. Bentuklah kelas ke dalam 3 atau 4 sub-kelompok. Ajaklah masing-masing kelompok untuk menguraikan tentang salah satu dari masalah tersebut. Mintalah mereka menjadikan persoalan tersebut secara spesifik.
5. Mintalah setiap kelompok merangkum hasil diskusi untuk semua kelas. Dapatkan reaksi-reaksinya.
Variasi:
Mintalah kelompok memikirkan beberapa solusi baik yang dapat dilakukan oleh peserta didik maupun pengajar untuk mempermudah kepedulian yang telah ditentukan bagi mereka.
Daripada mengakhiri kegiatan tersebut dengan beberapa laporan kelompok, ciptakan sebuah panel atau diskusi fishbowl.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar