Translate

Jumat, 12 November 2010

Active Knowledge Sharing (Berbagi Pengetahuan Secara Aktif)

Ini adalah sebuah cara yang bagus untuk menarik para peserta didik dengan segera kepada materi pelajaran anda. Anda dapat menggunakannya untuk mengukur tingkat pengetahuan para peserta didik selagi, pada saat yang sama, melakukan beberapa bangunan tim (team building). Strategi tersebut bekerja dengan beberapa pelajaran dan dengan beberapa materi pelajaran.
Prosedur:
1. Siapkan sebuah daftar pertanyaan yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan anda ajarkan. Anda dapat menyertakan beberapa atau semua dari berbagai kategori berikut ini:
o Kata-kata yang harus didefinisikan (misalnya,” Apa makna’ ambivalen’?”)
o Pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda mengenai fakta-fakta atau konsep-konsep (misalnya,” Sebuah tes psikologi valid atau sah jika tes itu (a) mengukur sebuah sifat secara konsisten dengan waktu yang lama dan (b) mengukur isi apa yang harus diukur.”)
o Orang-orang yang harus dikenali (misalnya,” Siapa George Washington Carver itu?”)
o Pertanyaan-pertanyaan mengenai aksi-aksi yang dapat diambil seseorang dalam situasi-situasi tertentu (misalnya,” Bagaimana anda mendaftar untuk dipilih?”)
o Kalimat-kalimat yang tidak lengkap (misalnya,” A…….mengidentifikasi kategori-kategori tugas dasar yang dapat anda tunjukan dengan sebuah program komputer.”)
Sebagai contoh, seorang guru sejarah dapat memulai suatu pelajaran tentang abad ke-20 dengan membagi-bagikan kuis berikut ini:
a. Apa yang terjadi pada tahun-tahun berikut ini: 1918, 1929, 1945, 1963, 1984?
b. Identifikasilah hal-hal berikut ini:
 Mussolini
 Chamberlain
 Trotsky
 Mao
 Mc Carthy ( Joseph dan Eugene)
c. Menurut pendapat anda, apa peristiwa terpenting pada abad ke-20?
2. Mintalah para peserta didik menjawab berbagai pertanyaan sebaik yang mereka bias.
3. Kemudian, ajaklah mereka berkeliling ruangan, dengan mencari peserta didik yang lain yang dapat menjawab berbagai pertanyaan yang tidak mereka ketahui bagaimana menjawabnya. Doronglah para peserta didik untuk saling membantu satu sama lain.
4. Kumpulkan kembali kelas penuh dan ulaslah jawaban-jawabannya. Isilah jawaban-jawaban yang tidak diketahui dari beberapa peserta didik. Gunakan informasi itu sebagai jalan memperkenalkan topik-topik penting di kelas itu.
Variasi:
i. Berilah masing-masing peserta didik sebuah kartu indeks. Mintalah mereka menulis sebuah informasi yang mereka yakini akurat mengenai materi pelajaran. Ajaklah para peserta didik itu bergerak, dengan berbagi apa yang telah mereka tulis dalam kartu-kartu mereka. Doronglah mereka untuk menulis informasi baru yang dikumpulkan dari peserta didik yang lain. Ketika kelompok sudah penuh, ulaslah informasi yang dikumpulkan tersebut.
ii. Lebih baik pergunakan pertanyaan-pertanyaan opini daripada pertanyaan faktual, atau campurlah pertanyaan faktual dengan pertanyaan opini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger