Translate

Rabu, 17 Mei 2023

Penilaian NonTes dengan Angket (Kuesioner)

 

Angket (kuesioner) merupakan alat pengumpul data melalui komunikasi tidak langsung, yaitu melalui tulisan. Angket ini berisi daftar pertanyaan yang bertujuan untuk mengumpulkan keterangan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan responden.

Beberapa petunjuk untuk menyusun angket:

Ø           gunakan kata-kata yang tidak mempunyai arti lengkap

Ø           susun kalimat sederhana tapi jelas

Ø           hindari kata-kata yang sulit dipahami

Ø           pertanyaan jangan bersifat memaksa untuk dijawab

Ø           hindarkan kata-kata yang negatif dan menyinggung perasaan responden.

 

Tentang macam kuesioner, dapat ditinjau dari beberapa segi :

a)      Ditinjau dari segi siapa yang menjawab:

1)      Kuesioner langsung

Kuesioner dikatakan langsung jika kuesioner tersebut dikirimkan dan diisi langsung oleh orang yang akan dimintai jawaban tentang dirinya.

2)      Kuesioner tidak langsung

Adalah kuesioner yang dikirimkan dan diisi oleh bukan orang yang diminta keterangannya. Kuisioner tidak langsung biasanya digunakan untuk mencari informasi tentang bawahan, anak, saudara, tetangga dan sebagainya

b)      Ditinjau dari segi cara menjawabnya:

1)      Kuesioner tertutup

Adalah kuesioner yang disusun dengan menyediakan pilihan jawaban lengkap sehingga pengisi hanya tinggal memberi tanda pada jawaban yang dipilih.

2)      Kuesioner terbuka

Adalah kuesioner yang disusun sedemikian rupa sehingga para pengisi bebas mengemukakan pendapat. Kuesioner terbuka disusun apabila macam jawaban pengisi belum terperinci dengan jelas sehingga jawabannya akan beraneka ragam. Keterangan tentang alamat pengisi, tidak mungkin diberikan dengan cara memilih pilihan jawaban yang disediakan. Kuesioner terbuka juga digunakan untuk meminta pendapat seseorang.

Angket sebagai alat penilaian terhadap sikap tingkah laku, bakat, kemampuan, minat anak, mempunyai beberapa kelebihan dan kelemahan.

Kelebihan angket antara lain:

·   Dengan angket kita dapat memperoleh data dari sejumlah anak yang banyak yang hanya membutuhkan waktu yang singkat.

·          Setiap anak dapat memperoleh sejumlah pertanyaan yang sama

·          Dengan angket anak pengaruh subjektif dari guru dapat dihindarkan


Sedangkan kelemahan angket, antara lain:

·   Pertanyaan yang diberikan melalui angket adalah terbatas, sehingga apabila ada hal-hal yang kurang jelas maka sulit untuk diterangkan kembali.

·      Kadang-kadang pertanyaan yang diberikan tidak dijawab oleh semua anak, atau mungkin dijawab tetapi tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya. Karena anak merasa bebas menjawab dan tidak diawasi secara mendetail.

·    Ada kemungkinan angket yang diberikan tidak dapat dikumpulkan semua, sebab banyak anak yang merasa kurang perlu hasil dari angket yang diterima, sehingga tidak memberikan kembali angket nya.

Langkah-langkah menyusun angket:

1.       Merumuskan tujuan

2.       Merumuskan kegiatan

3.       Menyusun langkah-langkah

4.       Menyusun kisi-kisi

5.       Menyusun panduan angket

6.       Menyusun alat penilaian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger