Cari Pembahasan Ini

Loading...

Select Language

Monday, 14 November 2011

Manfaat Pendekatan dan Komponen Sistem Pembelajaran


A.    Manfaat pendekatan sistem dalam pembelajaran
Manfaat merencanakan pembelajaran dengan pendekatan sistem di antaranya sebagai berikut:
1.      Dengan pendekatan sistem, arah dan tujuan pembelajaran dapat direncanakan dengan jelas. Dengan tujuan yang jelas, maka kita dapat menetapkan arah dan sasaran dengan pasti. Perumusan tujuan merupakan salah satu karakteristik pendekatan sistem. Penentuan komponen-komponen pembelajaran pada dasarnya diarahkan untuk mencapai tujuan. Melalui pendekatan sistem, setiap guru dapat lebih memahami tujuan dan arah pembelajaran untuk menentukan langkah-langkah pembelajaran dan pengembangan komponen yang lain, dan dapat dijadikan kriteria efektivitas proses pembelajaran.
2.      Pendekatan sistem menuntun guru pada kegiatan yang sistematis. Berpikir secara sistem adalah berpikir runtut, sehingga melalui langkah-langkah yang jelas dan pasti memungkinkan hasil yang diperoleh akan maksimal.
3.      pendekatan sistem dapat merancang pembelajaran dengan mengoptimalkan segala potensi dan sumber daya yang tersedia. Jadi berpikir sistematis adalah berpikir bagaimana agar tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai oleh siswa.
4.      pendekatan sistem dapat memberikan umpan balik. Melalui umpan balik, dalam pendekatan sistem, dapat diketahui apakah tujuan telah berhasil dicapai atau belum.

B.     Komponen sistem pembelajaran
Perencanaan pembelajaran adalah proses pengambilan keputusan hasil berpikir secara rasional tentang sasaran dan tujuan pembelajaran tertentu, serta rangkaian kegiatan yang harus dilaksanakan sebagai upaya pencapaian tujuan tersebut dengan memanfaatkan segala potensi dan sumber belajar yang ada. Perencanaan pembelajaran mengarah pada proses penterjemahan kurikulum yang berlaku.
Sistem pembelajaran mempunyai beberapa komponen di antaranya:
1.      Siswa
Proses pembelajaran pada hakikatnya diarahkan untuk membelajarakan siswa agar dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan. Keputusan-keputusan yang diambil dalam perencanaan  pembelajaran disesuaikan dengan kondisi siswa yang bersangkutan sesuai dengan kemampuan dasar, minat dan bakat, motivasi belajar, dan gaya belajar siswa itu sendiri.
2.      Tujuan
Tujuan adalah komponen terpenting dlam pembelajaran setelah kom[ponen siswa sebagai subjek belajar. Tujuan penyelenggaraan pendidikan diturunkan dari visi dan misi lembaga pendidikan itu sendiri.
3.      Kondisi
Kondisi adalah berbagai pengalaman belajar yang dirancang agar siswa daapt mencapai tujuan khusus yang telah dirumuskan. Pengalaman belajar harus mendorong agar siswa aktif belajar baik secara fisik maupun nonfisik. Merencanakan pendidikan adalah menyediakan kesempatan  pada siswa untuk belajar  sesuai dengan gaya belajar mereka sendiri. Tekanan dalam menentukan kondisi belajar adalah siswa secara individual.
4.      Sumber belajar
Sumber belajar berkaitan dngan segala sesuatu yang memungkinkan siswa dapat memperoleh pengalaman belajar meliputi lingkungn fisik, bahan dan alat yang dapat digunakan, personal, petugas perpustakaan, ahli media, dn semua orang yang berpengaruh baik langsung maupun tidak langsung untuk keberhasilan dalam pengalaman belajar.
5.      Hasil belajar
Hasil belajar berkaitan dengan pencapaian dalam memperoleh kemampuan sesuai dengan tujuan khusus yang direncanakan. Jadi ugas utama guru adalah merancang instrumen yang dapat mengumpulkan data tentang keberhasilan siswa mencapai tujuan pembelajaran.
Pembelajaran merupakan sutu sistem yang kompleks yang keberhasilannya dapat dilihat dari dua aspek, yaitu aspek produk dan aspek proses. Keberhasilan pembelajaran dilihat dari sisi produk adalah keberhasilan siswa mengenai hasil yang diperoleh dengan mengabaikan proses pembelajaran. Keberhasilan pembelajaran dilihat dari sisi hasil memang mudah dilihat dan ditentukan kriteriannya, tetapi dapt mengurangi makna proses pembelajaran sebagai proses yang mengandung nilai-nilai pendidikan.
Sebagai suatu sistem, pembelajaran akan dipengaruhi oleh beberapa unsur yang membentuknya. Beberapa unsur yang dapat mempengaruhi kegiatan proses pembelajaran di antaranya guru, siswa, sarana, alat dan media, dan lingkungan.
a.       Guru
Guru merupakan komponen yang menentukan keberhasilan suatu sistem pembelajaran sebab guru merupakan orang yang secara langsung berhadapan dengan siswa. Sebagai perencana, guru dituntut untuk memahami secara benar kurikulum yang berlaku, karakteristik siswa, fasilitas dan sumber daya yang ada, sehingga semuanya dapat dijadikan komponen-komponen dalam menyusun rencana dan desain pembelajaran. Sebagai implementator dan desainer pembelajaran, guru brperan sebagai model atau teladan bagi siswa dan sebagai pengelola pembelajaran.

b.      Siswa
Siswa adalah organisme yang unik yang berkembang sesuai dengan tahap perkembangannya. Perkembangan anak adalah perkembangan  seluruh aspek kepribadiannya, tetapi tempo dan irama perkembangan masing-masing anak pada setiap aspek tidak selalu sama. Proses perkembangan dapat dipengaruhi oleh perkembangan anak yang tidak sama, dan karakteristik lain yang melekat pada diri anak.
c.       Sarana dan prasarana
Sarna adalah segala sesuatu yang mendukung secara langsung terhadap kelancaran proses pembelajaran, misalnya media pembelajaran, alat-alat pelajaran, perlengkapan sekolah, dan lain sebagainya. Prasarana adalah segala sesuatu yang secara tidak langsung dapat menduukng keberhasilan proses pembelajaran misalnya jalan menuju sekolah, penerangan sekolah, kamar kecil, dan lain sebagainya. Kelengkapan sarana dan prasarana akan dapat membantu gfuru dalam penyelenggaraan proses pembelajaran.
d.      Lingkungan
Ditinjau dari segi lingkungannya, ada 2 faktor yang dapat mempengaruhi prose pembelajaran yaitu faktor organisasi kelas dan faktor iklim sosial psikologis. Faktor organisasi kelas di dalamnya meliputi jumlah siswa dalam satu kelas yang merupakan aspek penting yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran.Faktor iklim sosial psikologis adalh keharmonisan hubungan antara orang yang terlibatdalam proses pembelajaran yang dapat terjadi secara internal atau eksternal.

1 comment:

  1. Izin copas ya, buat bahan tugas kuliah aku.....

    ReplyDelete