1.
Catatan anekdot
Yaitu catatan otentik hasil observasi yang menggambarkan tingkah laku murid atau kejadian dalam situasi khusus, bisa menyangkut individu juga kelompok.
Dengan menggunakan catatan anekdot guru dapat:
a. Memperoleh pemahaman yang lebih tepat tentang perkembangan anak.
b. Memperoleh pemahaman tentang sebab-sebab dari gejala tingkah laku
murid.
c. Memudahkan dalam menyesuaikan diri dengan murid.
Catatan anekdot yang baik memiliki syarat-syarat sebagai berikut:
a. Objektif
Untuk mempertahankan objektivitas dapat dilakukan
hal-hal sebagai berikut:
Ø
Catatan dibuat sendiri oleh guru.
Ø
Pencatatan dilakukan segera setelah suatu kegiatan terjadi.
Ø
Deskripsi dari suatu peristiwa dipisahkan dari tafsiran pencatatan sendiri.
b. Deskriptif
Catatan suatu peristiwa mengenai murid hendaknya
lengkap disertai latar belakang, percakapan dicatat secara langsung, dan
kejadian-kejadian dicatat secara tersusun sesuai dengan kejadiannya.
c. Situasi yang dicatat adalah situasi yang relevan dengan tujuan dan
masalah yang sedang menjadi perhatian guru sesuai keadaan murid.
2.
Autobiografi
Yaitu sebuah karangan pribadi seseorang (siswa) yang
murni hasil dirinya sendiri tanpa dimasuki pikiran dari orang lain, ini lebih
menjurus tentang pengalaman hidup, cita-cita dan lain sebagainya. Autobiografi
bagi guru bertujuan untuk mengetahui keadaan murid yang berhubungan dengan
minat, cita-cita, sikap terhadap keluarga, guru atau sekolah dan pengalaman
hidupnya.
Autobiografi ini dalam pembuatannya dibagi kedalam dua jenis, yaitu karangan
terstruktur dan tidak terstruktur.
a. Terstruktur
Karangan pribadi ini disusun berdasarkan tema (judul) yang telah ditentukan sebelumnya, seperti: cita-citaku, keluargaku, teman-temanku, masa kecilku dan sebagainya.
b. Tidak terstruktur
Di sini murid diminta membuat karangan pribadi secara
bebas, dan tidak ditentukan kerangka karangan terlebih dahulu.
3.
Sosiometri
Teknik ini bertujuan untuk memperoleh informasi dengan
menghubungkan atau interaksi sosial diantara murid. Dengan sosiometri guru
dapat mengetahui tentang:
Ø murid yang populer
(banyak disenangi teman).
Ø murid yang terisolir
(tidak dipilih/disukai teman).
Ø klik (kelompok kecil, 2-3
orang murid).
Sosiometri juga dapat digunakan untuk:
Ø memperbaiki hubungan
insani diantara anggota-anggota kelompok tertentu.
Ø menentukan kelompok kerja
Ø meneliti kemampuan
memimpin seorang individu dalam kelompok tertentu untuk suatu kegiatan
tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar