Translate

Sabtu, 20 Mei 2023

Penilaian Non Tes

         Pada umumnya penilaian non test adalah penilaian pengamatan perubahan tingkah laku yang berhubungan dengan apa yang dapat diperbuat atau dikerjakan oleh peserta didik dibandingkan dengan apa yang diketahui atau dipahaminya. Dengan kata lain penilaian non test behubungan dengan penampilan yang dapat diamati dibandingkan dengan pengetahuan dan proses mental lainnya yang tidak dapat diamati oleh indera.

Pengembangan Instrumen Penilaian yang dikembangkan perlu memperhatikan hal-hal berikut :

·          berhubungan dengan kondisi pembelajaran di kelas dan/atau di luar kelas.

·          relevan dengan proses pembelajaran, materi, kompetensi dan kegiatan pembelajaran.

·          menuntut kemampuan berpikir berjenjang, berkesinambungan, dan bermakna dengan mengacu pada aspek berpikir Taksonomi Bloom

·          mengembangkan kemampuan berpikir kritis seperti: mendeskripsikan, menganalisis, menarik kesimpulan, menilai, melakukan penelitian, memecahkan masalah, dsb.

·          mengukur berbagai kemampuan yang sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik.

·          mengikuti kaidah penulisan soal.

 

Langkah-langkah dalam pengembangan instrumen non tes (dilihat dari afektif dan psikomotor):

Ø          Menentukan spesifikasi instrument

Ø          Menulis instrument

Ø          Menentukan skala pengukuran

Ø          Menentukan penskoran

Ø          Menelaah instrument

Ø          Melakukan uji coba

Ø          Menganalisis hasil uji coba

Ø          Melaksanakan pengukuran

Ø          Menafsirkan hasil pengukuran

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger