Translate

Selasa, 18 Januari 2011

Prinsip Website Usability

Kebergunaan (Bahasa Inggris: usability) adalah suatu istilah yang menunjukkan kemudahan manusia untuk menggunakan suatu alat tertentu atau objek buatan manusia lainnya untuk mencapai tujuan tertentu. Kebergunaan juga dapat merujuk pada metode pengukuran kebergunaan dan kajian prinsip di balik persepsi efisiensi dan keluwesan suatu objek.

Dalam interaksi manusia komputer dan ilmu komputer, kebergunaan biasanya merujuk pada keluwesan dan kejelasan interaksi dengan hasil rancangan suatu program komputer atau situs web. Istilah ini juga sering digunakan dalam konteks produk elektronika konsumen, atau pada bidang komunikasi, serta objek alih pengetahuan (misalnya buku masak atau dokumen). Kebergunaan dapat pula merujuk pada desain efisien suatu objek mekanis seperti suatu gagang pintu atau palu.

Usability artinya designer belajar mendesain bukan untuk diri sendiri atau pun orang se profesi tetapi mendesain bagi siapa saja, terutama untuk mereka yg tidak mengenal IT dan belum terbiasa browsing internet.

Prinsip website usability adalah sebagai berikut :
1. User akan melihat teks sebelum melihat gambar
2. Fokus mata user dimulai dari sudut kiri atas halaman web
3. Mulanya gerakan mata dimulai dari kiri atas sampai bagian atas terbaca sebelum bergerak ke bawah dan akhirnya ke samping kanan
4. Pembaca mengabaikan banner
5. Teks dgn Formatting dan Fonts yg keren itu rutin diabaikan
6. Tampilkan angka dengan angka (dan bukan huruf)
7. Ukuran Font mempengaruhi prilaku baca pembaca
8. Pengunjung sudi baca subtitle bila menarik.
9. Umumnya pembaca cuma scan bagian bawah halaman
10.Paragraph pendek lebih bagus daripada yg panjang
11.Layout satu kolom lebih baik bagi mata daripada yg memiliki muti kolom
12.Iklan pada bagian atas dan kiri halaman web akan mendapat lebih banyak perhatian
13.Iklan yg diletakkan disebelah konten terbaik itu lebih rutin di lihat pembaca
14.Text Ads lebih mungkin diperhatikan di banding tipe iklan lain
15.Gambar Ukuran besar lebih menarik Perhatian
16.Image yg concrete lebih cocok daripada yang gambar abstrak
17.Heading selalu mengarahkan pembaca
18.Umumnya user mudah mengenali tombol dan menu itu sebagai bagian navigasi
19.Daftar teks menggunakan (ol). (ul), dan )li) itu mampu lebih lama menarik perhatian pembaca
20.Paragraph panjang itu sebaiknya dihindari
21.Format tulisan mampu menarik perhatian
22.Space kosong itu penting
23.Tombol navigasi itu bekerja lebih baik saat diletakkan di bagian header

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger