Translate

Rabu, 23 Februari 2011

Syarat-Syarat Menjadi Seorang Pendidik

Islam mengisyaratkan bahwa seorang pendidik diwajibkan untuk memenuhi syarat, bukan hanya orang yang pandai tapi juga orang yang berbudi, orang yang beriman yang perbuatannya sendiri dapat memberikan pengaruh pada pikir, jiwa dan akhlak muridnya. Pendidik dalam menunaikan tugasnya sebagai pendidik hendaknya pandai dan menguasai berbagai macam metode dan tekhnik pendidikan.

Al-Kanani, sebagaimana dikutip oleh Ramayulis, menyatakan bahwa ada beberapa persyaratan menjadi seorang pendidik yakni:
  1. Yang berkenan dengan dirinya sendiri
  2. Yang berkenan dengan pelajaran, dan
  3. Yang berkenan dengan muridnya.

Tiga persyaratan menjadi seorang pendidik seperti di atas, dapat dilihat penjelasan berikut ini :
Pertama, syarat-syarat guru (pendidik) berhungan dengan dirinya, yaitu:
  1. Guru (pendidik) hendaknya senantiasa insaf akan pengawasan Allah Ta’ala. terhadapnya dalam segala perkataan dan perbuatan bahwa ia memegang amanat ilmiah yang diberikan Allah Ta’ala. kepadanya.
  2. Guru (pendidik) hendaknya memelihara kemuliaan ilmu.
  3. Guru hendaknya bersifat zuhud.
  4. Guru (pendidik) hendaknya tidak berorientasi duniawi yang mengutamakan kedudukan, popularitas yang menyebabkan ia bangga diri.
  5. Guru (pendidik) hendaknya menjauhi mata pencaharian yang hina dalam pandangan syara’ dan menjauhi situasi yang mendatangkan fitnah.
  6. Guru (pendidik) hendaknya memelihara syari’at Islam.
  7. Guru (pendidik) hendaknya rajin melaksanakan hal-hal yang sunat yang dianjurkan oleh ajaran Islam.
  8. Guru (pendidik) hendaknya memelihara akhlak yang mulia.
  9. Guru (pendidik) hendaknya pandai memanfaatkan waktu yang luang.
  10. Guru (pendidik) hendaknya rajin meneliti, menyusun dan mengarang dengan memperhatikan keterampilan dan keahlian yang dibutuhkan untuk itu.

Kedua, syarat-syarat yang berhubungan dengan pelajaran, yaitu:
  1. Guru (pendidik) ketika hendak mengajar sebelum keluar dari rumah hendaknya bersuci dari hadas dan kotoran serta mengenakan pakaian yang baik dengan maksud menghargai ilmu dan syari’at.
  2. Guru (pendidik) ketika keluar dari rumah hendaknya selalu berdo’a agar tidak sesat dan menyesatkan dan terus berzikir kepada Allah Ta’ala. hingga sampai ke majelis pembelajaran.
  3. Guru (pendidik) hendaknya memosisikan dirinya pada tempat yang dapat dilihat oleh anak didik.
  4. Sebelum mengajar mestinya guru membaca basmallah, do’a untuk mendapatkan barkah Allah.
  5. Guru (pendidik) hendaknya mengajarkan hierarki keilmuan dalam bidang keahliannya.
  6. Guru (pendidik) hendaknya dapat mengatur suara dengan baik.
  7. Guru (pendidik) hendaknya mengendalikan majelis dan mengontrol agar tidak menyimpang dari fokus.
  8. Guru (pendidik) hendaknya menegur anak didiknya yang tidak menjaga kesopanan.

Ketiga, karakter guru (pendidik) di tengah para anak didiknya:
  1. Guru (pendidik) mestinya mengajar dengan niat mengharapkan keridhaan Allah Ta’ala.
  2. Tidak menolak mengajar anak didik yang tidak lulus dan ikhlas belajar.
  3. Mencintai anak didiknya.
  4. Memberikan motivasi anak didik dalam belajar.
  5. Berusaha menyampaikan materi pelajaran agar anak didiknya dapat memahaminya.
  6. Melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilakukannya.
  7. Bersikap adil terhadap semua anak didiknya dan terus melakukan pemantauan terhadap perkembangan anak didik.
  8. Di samping itu hendaknya seorang pendidik memiliki kecakapan dalam bidang administrasi, dinamisasi, inovasi, motivasi dan evaluasi yang akan dipakai ketika mendidik anak didiknya.

Apa yang telah dipaparkan di atas adalah karakter yang sangat penting yang tidak boleh ditinggalkan oleh setiap pendidik. Pendidik dalam masyarakat modern yang ideal seperti dalam masyarakat Islam, lebih dari sekedar petugas yang mendapat gaji dari pemerintah atau organisasi swasta semata. Ia hendaknya memahami dirinya lebih dari itu. Bahwa ia adalah teladan yang akan ditiru anak didiknya, baik cara bersikap, berucap maupun berperilaku. Ia diharapkan untuk memperlakukan murid-murid tidak seperti domba atau ternak yang perlu digembala dan didisiplinkan, melainkan sebagai manusia yang mudah dipengaruhi, yakni sifatsifatnya yang mesti harus dibentuk dan harus dididik olehnya untuk mengenal aturan moral, etika, estetika dan spiritual yang dianut oleh masyarakat.

Selasa, 22 Februari 2011

Cara Mudah Untuk Mengatasi Stres

Stres bisa terjadi setiap saat, perjalanan ke dan dari tujuan kita dapat membuat kecemasan yang luar biasa. Sebuah jam alarm yang rusak, lalu lintas atau cuaca semua bisa membuat kita memulai hari dengan masalah dan tanggapan kita terhadap masalah ini akan membuat kita menghancurkan sepanjang hari. Stres memberikan kontribusi masalah fisik terlalu banyak dan belajar untuk mengurangi ketegangan tidak hanya memungkinkan kita untuk menikmati hidup, tetapi menjaga kesehatan kita juga.

Setiap hari, kita menghadapi situasi penuh tekanan. Ini bisa terjadi pada anak sekolah, pekerja kantoran atau hanya mengurus bisnis sehari-hari. Kami memiliki kemampuan untuk mengendalikan situasi yang membuat stres dan kita semua harus menghadapi tindakan di tempat untuk manajemen stres .

Belajar beberapa teknik mudah untuk menangani stres, akan memungkinkan kita untuk menikmati hari-hari, hidup sehat, dan hidup lebih bahagia.

~ Peregangan / Latihan

Mulai pagi hari dengan latihan peregangan, akan memberi Anda energi untuk hari itu. Peregangan bermanfaat bagi tubuh Anda. Berolahraga secara teratur akan menambahkan panjang masa hidup Anda dan mengurangi stres sebelum hari dimulai.

~ Ambil jalan-jalan

Hentikan apa yang Anda lakukan, dan bergerak di sekitar. Menghapus diri dari situasi yang mendesak akan memberikan emosi yang kesempatan untuk mereda. Jika mungkin, berjalan di luar dan menghirup udara segar.

~ Ambil napas

Ambil napas dalam pembersihan. Tahan selama enam detik dan buang napas. Ulangi dua kali. Rasakan udara bergerak masuk dan keluar. Jika memungkinkan, tutup mata dan berkonsentrasi pada kestabilan nafas. Lanjutkan ini selama beberapa menit sebelum kembali ke tugas Anda.

~ Laugh

Tertawa memberikan bantuan fisik dan emosional. Tertawa akan membantu Anda memfokuskan kembali saat ini dan akan memberikan pembebasan dari rasa tegang. Tertawa merupakan olahraga yang baik untuk otot jantung dan perut. Tertawa juga bermanfaat bagi orang di sekitar Anda dan memiliki hasil positif. Tertawa adalah gangguan yang baik, membuat Anda merasa lebih baik dan mengangkat roh Anda.

~ Dengarkan musik

Musik adalah alat yang ampuh dalam mengurangi stres. damai dan menenangkan. ini pasti akan menarik bagi Anda. Musik adalah cara yang sederhana, namun bisa membuat kita untuk bersantai.

~ Progresif Relaksasi otot (PMR)

Ini adalah teknik yang akan membantu mengurangi tekanan tubuh secara keseluruhan. Cari ruangan yang tenang selama lima menit. Mulailah dengan wajah Anda. Kencangkan otot-otot wajah Anda, tersenyum dan bernapas. Selanjutnya, pindah ke leher dan bahu. Kencangkan dan lepaskan. Tambahkan perut, dada, pantat dan kaki. Fokus pada daerah-daerah untuk versi singkat dari teknik ini. Jika mungkin, ambil waktu untuk melakukan ini pada akhir hari Anda dan bergerak turun tubuh Anda menambahkan kelompok otot lain. Ini akan menjadi cara yang cepat dan pastikan untuk de-stress.

~ Jurnal

Journal memberikan kita kesempatan untuk mengumpulkan pikiran kita. Menuliskan pikiran Anda dapat memberikan kejelasan, dan kesadaran diri. Seringkali, dengan mencantumkan peristiwa positif hari ini akan membantu kita untuk mencerminkan dan menghargai hal-hal baik yang telah terjadi. Meluangkan waktu, untuk ANDA sangat penting dalam mempertahankan pandangan yang sehat terhadap kehidupan.

~ Yoga

Yoga berasal dari kata "kuk", menyatukan tubuh, pikiran dan jiwa.

Percobaan dengan satu atau dua saran ini setiap hari, merasakan ketegangan kemudahan dan Anda akan lebih santai, produktif dan sehat.

Ini adalah waktu untuk belajar de-stress, bersantai dan menikmati hidup. kesehatan kita mental dan fisik tergantung pada perhatian kita membayar untuk pikiran dan tubuh kita. Kesempatan untuk hidup, penuh santai, bahagia adalah 'milikmu. Kita benar-benar memiliki kekuatan untuk mengelola stres kita sendiri.

Nilai Pendidikan Matematika Game Online Untuk Anak-anak

Matematika adalah salah satu subjek yang paling penting tersedia bagi anak-anak di sekolah, di samping membaca dan menulis, memberikan mereka dengan pengetahuan dasar yang akan menjadi nilai praktis di masa dewasa. Menimbang bahwa begitu banyak anak sekarang menghabiskan waktu di komputer sebagai bentuk hiburan, itu merupakan langkah alami untuk mencoba untuk menggabungkan dua untuk kepentingan orang-orang muda kita. Untuk melihat anak-anak kita mendapatkan beberapa keuntungan pendidikan dari waktu mereka dihabiskan di komputer adalah sesuatu yang kami menyambut baik sebagai orang tua. Hal ini terutama terjadi ketika kita mempertimbangkan jumlah orang muda yang ditarik ke sia-sia, game online memakan waktu yang tidak memiliki nilai pendidikan sama sekali.

Manfaat dari online game matematika adalah bahwa mereka menawarkan lebih dari buku-buku di mata anak-anak, dengan opsi untuk interaksi yang menyenangkan. Belajar menjadi lebih menyenangkan jika subjek disajikan dalam cara yang berwarna-warni dan menarik dan ini merupakan salah satu manfaat utama dari format game online. Pilihan yang tersedia dalam online game matematika yang bervariasi dan dapat dipilih untuk disesuaikan dengan individu anak berdasarkan usia atau preferensi. The game online yang dirancang untuk menguji anak dan sebagian besar instruksi disajikan dalam cara yang menarik.

Anak-anak dapat memilih dari teka-teki, permainan dan presentasi flash ketika mereka mencoba untuk sampai pada kesimpulan yang benar untuk sejumlah masalah. Banyak permainan akan berfokus pada matematika kategori utama seperti aritmatika dan aljabar. Permainan yang mendorong pemikiran aritmatika mungkin adalah yang paling berharga karena mendorong anak-anak untuk menggunakan kekuatan otak ketika membuat perhitungan. Kenyataan bahwa permainan mendorong proses berpikir membuat mereka lebih besar nilai yang jauh dari mainstream game online yang tidak dirancang untuk pendidikan.

Di hari ini dan usia ketika orang tua prihatin tentang isi game internet yang menampilkan seks dan kekerasan, adalah menyegarkan untuk mengetahui bahwa ada permainan anak-anak bisa bermain yang benar-benar akan menguntungkan mereka. Menggabungkan menyenangkan dan pendidikan adalah sesuatu yang harus disambut baik oleh orang tua yang mungkin merasa Internet adalah mencuri tahun muda. Sementara permainan matematika online tidak harus menggantikan tugas sekolah reguler, mereka dapat dari beberapa nilai dalam mengajar anak-anak dasar-dasar matematika dan ini adalah sesuatu yang akan terbukti bermanfaat bagi mereka sebagai menempa karir di masa depan.

Fakta bahwa banyak permainan matematika online tersedia dengan gratis harus pindah orang tua untuk mengarahkan anak-anak mereka kepada mereka, terutama jika mereka mencatat bahwa anak-anak mereka menghabiskan terlalu banyak waktu dengan game yang berbahaya atau tidak berguna. permainan matematika harus Online tentu saja bisa digunakan hemat karena mereka tidak dimaksudkan untuk menjadi sumber utama pendidikan anak. Menggunakan mereka untuk membantu mengajar anak-anak dasar-dasar matematika dapat melengkapi pekerjaan yang mereka lakukan dalam jam sekolah dan memberikan anak-anak sedikit bersenang-senang dengan sentuhan pendidikan.

Aspek-aspek Dalam Matematika Yang Mempunyai Nilai Didik

a. Kesepakatan

Sadar ataupun tidak seseorang yang mempelajari matematika telah menggunakan kesepakatan-kesepakatan tertentu. Kesepakatan-kesepakatan itu terdapat dalam matematika yang rendah maupun yang tinggi. Kesepakatan-kesepakatan itu dapat berupa simbol atau lambang, istilah/konsep , definisi serta aksioma-aksioma.

Sebagai contoh bilangan yang selama ini digunakan , misaInya 1, 2, 3, dan seterusnya adalah lambang yang kita sepakati. Kesepakatan itu secara tidak disadari telah tertanam semenjak seseorang belajar di kelas satu sekoIah dasar atau bahkan taman kanak-kanak. Bilangan yang dilambangkan dengan dengan 2 disepakati disebut “dua” . Mengapa tidak disebut satu ? Itulah contoh kesepakatan yang ternyata selalu digunakan hingga sekarang.

Contoh lain adalah kata “segitiga” adalah istilah yang disepakati untuk menunjuk salah satu konsep dalam matematika. Konsep itu dibatasi oleh suatu ungkapan yang disebut definisi. Misalnya “bangun yang terjadi bila tiga buah titik yang tidak segaris dihubungkan oleh tiga buah ruas garis disebut segitiga. Ungkapan tersebut adalah saah satu definisi dan segitiga (jenis definis ginetik) dikatakan salah satu karena masih dapat dibuat defenisi segitiga dengan kalimat yang berbeda. Definisi mana yang akan digunakan juga merupakan suatu kesepakatan

Sadar ataupun tidak dalam kehidupan kita sehari-hari terdapat banyak kesepakatan—kesepakatan, baik yang tertulis maupun yang tidak. Apabila seseorang berperilaku tidak sesuai dengan kesepakatan tertentu dalam lingkungan tertentu, tentulah ia dianggap sebagai seorang yang melanggar suatu aturan.
Dengan demikian seseorang yang telah dibiasakan belajar matematika yang penuh dengan kesepakatan yang harus ditaati, kiranya akan mudah memahami perlunya kesepakatan dalam kehidupan masyarakat. inilah salah satu aspek dalam matematika yang memiliki nilai didik (nilai paedagogik).

b. Ketaatasasan

Dalam uraian ini yang dimaksud dengan ketaatasasan atau konsistensi, adalah tidak dibenarkannya muncul kontradiksi. Hal tersebut dalam matematika (terutama yang berasas dikotomi) sangat penting dan harus dipertahankan.

Bila pernyataan “Melalui satu titik P diluar garis a dapat dibuat tepat satu garis sejajar dengan a”, diterima sebagai pernyataan yang benar, maka pernyataan Jika garis a sejajar garis b dan garis p memotong garis a, maka garis p tidak memotong garis b” harus ditetapkan sebagai pernyataan yang salah. inilah salah satu contoh tentang konsistensi dalam matematika.

Dalam kehidupan bermasyarakat jelas bahwa sikap konsisten diperIukan.Bila tidak kiranya akan mudah terjadi benturan—benturan. Bukankah “ Pancasila dan UUD—45” dapat dipandang sebagai aksiotma yang merupakan kesepakatan nasional? Perlukan warga bangsa indonesia dalam perilakunya konsisten dengan itu? Jelas bahwa sikap konsisten sangat diperlukan dalan bermasyarakat dan berbangsa.

seseorang yang telah terbiasa berpikir rnatematik, tidak terlalu sulit untuk memahami perlunya sikap konsisten dan bahkan tidak sulit melihat inkonsistensi yang terjadi dalarn kehidupan. Sekali lagi terlihat bahwa matematika melalui aspek ketaatasasan atau konsistensi secara implisit maupun eksplisit dapat membantu membentuk tata—nalar serta prihadi siswa.

c. Deduksi

Secara sederhana makna deduksi adalah proses menurunkan atau menerapkan pengertian atau sifat umum kedalam keadaan khusus. dalam matematika pola pikir deduktif itulah yang diterima. Namun dalam pendidikan matematika pola pikir induksi juga dapat diterima sepanjang diperlukan untuk menyesuaian bahan ajar dengan perkembangan intelektual siswa.

Perhatikan dua kalimat di bawah ini.
“Jika suatu segitiga mempunyai tiga sisi sama maka segitiga itu disehut segitiga samasisi”
“Jika suatu segitiga mempunyai tiga buah sudut sama besar maka segitiga itu disebut segitiga samasisi”

kedua kalimat tersebut dapat, dipandang sebagai ungkapan yang membatasi konsep segitiga samasisi. Jadi suatu definisi Kalau dicermati akan terlihat bahwa kedua definisi itu mempunyai intensi yang berbeda tetapi mempunyai ekstensi/jangkauan yang yang sama. Namun dalam matematika tidak dibenarkan keduanya ditetap sebagai definisi dalam satu struktur uraian). Mengapa? Coba pikirkan, jika kalimat pertama yang ditetapkan sebagai definisi segitiga sama sisi; dapatkah kebenaran kalimat kedua dibuktikan dengan menggunakan kalimat pertama?. Dan sebaliknya bagaimana? Jadi salah satu harus ditetapkan sebagai teorema. Itu adalah salah satu bentuk pemikiran deduktif

Pola pikir deduksi dalam kehidupan bermasyarakat diperlukan. coba amati dan pikirkan jenjang perundang-undangan dalam kehidupan kita. Kita kenal “Undang—undang” , Peraturan pemerintah” , “Keputusan Menteri “, “Keputusan Dirjen”, dsb. Bukankah dalam hal tertentu “yang satu merupakan penjabaran atau aturan pelaksanaan’ dari yang lebih tinggi? Bukankah untuk menyatakan benarnya yang satu harus dirujukkan kepada aturan yang lebih tinggi?. Jadi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegarapun perlu pola pikir deduktif.

d. Semesta

Dalam matematika terdapat simbol-simbo atau lambang yang dikosongkan maknanya. Apakah makna x. y, z itu ?? Terserah kepada sipemakai, akan diberi makna apa. mungkin diberi makna bilangan, mungkin diberi makna vektor, mungkin diberi makna pernyataan,dsb. sesuai dengan kebutuhan pemakai. Hal itu menunjukkan adanya lingkup pembicaraan, yang dapat juga disebut semesta pembicaraan.
Dalam pelajaran matematika disadari atau tidak terdapat banyak contoh atau soal yang sangat memperhatikan semesta. Bila semesta yang ditetapkan tidak diperhatikan sangat besar kemungkinan jawab yang diberikan akan salah.

Sebagai contoh:
Tulislah lambang bilangan asli yang sesuai dalam kotak, sehingga kalimat menjadi benar.
5+2 ´ – = 10 , Kalau tidak disadari semestanya, tidak mustahil akan dijawab 2,5. Benarkah ?

Adakah manfaat pengertian semesta dalam kehidupan?. Tentulah tidak sulit disadari bahwa manusia di bumi ini terkelompok-kelompok menjadi bangsa-bangsa, menjadi suku-bangsa, menjadi satuan organisasi dan sebagainya. Dalam masing-masing kelompok tersebut berlaku suatu aturan tertentu. Seseorang yang akan melakukan tindakan atau melontarkan kata-kata tertentu perlu memperhatikan dimana dia berada, di lingkup mana dia berada. secara umum dapat dikatakan perlu menyesuaikan diri. Bila anda mengendari mobil di Indonesia anda harus berjalan di sebelah kiri jalan. Bagaimana halnya bila anda mengendarai mobil di Amerika Serikat? (disadur dari Soedjadi, 1994: 3-9).

Kalau aspek-aspek yang telah dijelas diatas dapat kita eksplisitkan dalam pembelajaran matematika, maka akan terasa bahwa pembelajaran matematika mempunyai nilai didik.

Senin, 21 Februari 2011

Thanx and Sorry...

Waktu kini tlah berlalu…

Meninggalkan sejuta kisah…

Meninggalkan berjuta kasih…

Yang ada hanya aku dan kenangan…

Mungkin kau tak mengerti…

Akan arti hadir mu di sisi ku…

Mungkin kau tak tahu…

Betapa kau sangat ku sayangi…

Aku sadar…

Aku bukanlah orang yang sempurna…

Aku bukan orang yang kau impikan…

Aku tak bisa memberikan mu kebahagiaan…

Tapi percayalah…

Aku mencintai mu…

Aku menyayangi mu…

Lebih dari yang kau tahu…

Sorry…

Ku tlah mengganggu hidup mu…

Tlah membuang-buang waktu mu…

Dan mengacaukan ketentaman mu…

But…”Thanx…”

Thanx atas waktu yang tlah kau luangkan…

Thanx atas sayang yang tlah kau berikan…

Thanx atas semua yang tlah kau lakukan…

I just can say…

“Thanx and sorry…”

“I LOVED YOU…”

And I’ll always love you…

Sebuah nama membuat bayi anda kaya..

Sebuah nama yang dibuatkan orang tua untuk bayi tercintanya merupakan tanda cinta dan doa terbaik untuk sang buah hati tercinta. Namun kebanyakan orang berpendapat dalam memberikan nama haruslah dengan nama-nama yang mengartikan pembawa keberuntungan dan kekayaan.

Padahal arti nama seseorang tidak mutlak berpengaruh pada kehidupan yang akan datang. Kalaupun di kehidupan yang akan datang ingin agar anak-anaknya bahagia dan beruntung, maka orang tualah yang sangat berperan.

Orang tua sebagai orang pertama yang memberikan pelajaran kepada sang buah hatinya ini harus mengajarkan anaknya dengan benar bagaimana meraih kebahagiaan dan keberuntungan untuk kehidupannya kelak, dengan cara berusaha dan berdoa kepada Tuhan.

Memberikan nama bayi dan ingin arti nama bayi itu baik bisa dibuat dengan memilih nama-nama yang memiliki arti kebaikan pula. Pada dasarnya semua nama itu baik, tinggal bagaimana kita sebagai orang tua mendidik anak agar menjadi anak yang baik pula sesuai dengan harapan kita yaitu menjadi anak yang berguna untuk keluarga, orang lain, dan bangsa.

Memiliki nama bayi hoky juga tidak berpengaruh akan kebahagiaan anak itu sendiri. Contoh saja dengan memiliki anak yang diberi nama mengandung arti hoki, namun orang tua tidak mendidik dan menjaganya dengan benar, maka apakah dari nama bayi hoki yang mengandung makna hoki atau beruntung itu memberikan kebahagiaan kepada anak?

Nama ya hanya sebuah nama, namun kita sebagai orang tua tetap memberikan nama sebagai identitas untuk anak kita dengan baik, dengan harapan nama yang diberikan kepada anak itu memberikan doa yang baik di setiap langkah kehidupan sang buah hati.

Dengan nama yang diberikan kepada sang buah hati ini menjadi harapan untuk nama bayi yang selalu membawa kebaikan dan kebahagiaan.

Nama merupakan suatu identitas selama hidup dan bersosialisasi, maka dengan memiliki nama yang baik diharapkan segala sesuatunya yang dikerjakan dan dilakukan dalam kehidupan akan menghasilkan kebaikan, kebahagiaan, dan keberuntungan. Dengan begitu nama yang mengandung doa dan harapan orang tua menjadikan anak itu anak yang beruntung dalam kehidupannya.

Sabtu, 19 Februari 2011

Bahasa Isyarat Bayi Dapat Meningkatkan Kecerdasan Si Bayi.

Banyak penelitian yang khusus meneliti dan mengembangkan program bahasa isyarat bayi, contohnya adalah Baby Sign Institute yang didirikan oleh Linda Acrelodo, seorang psikolog berwarga Negara Amerika Serikat.

Berdasarkan pengalaman dan penelitiannya, anak-anak yang belajar bahasa isyarat sejak bayi lebih termotivasi untuk berbicara dan meningkatkan rasa percaya diri anak. Program bahasa isyarat bayi melibatkan unsur gerak tubuh, mimik dan bahasa verbal sekaligus.

Otak bayi akan terangsang atas stimulus ketiga unsur tersebut dan memprosesnya untuk menerjemahkan bahasa isyarat tersebut. Misalnya, Anda ingin memberi bayi Anda minum susu.

Anda akan mengucapkan kata “minum atau mimi” sambil memperagakan tangan Anda yang seolah-olah sedang memegang botol susu, ditambah mimik dan gerakan bibir Anda.

Apabila Anda mengajari kepada bayi Anda bahasa isyarat ini secara konsisten saat Anda ingin memberinya minum susu, maka bayi Anda akan menangkap mimik muka, gerakan bibir dan gesture tangan Anda sebagai bahasa isyarat “minum susu”.

Tentulah otak bayi akan memproses informasi diatas dengan lebih detil dibanding Anda hanya menggunakan bahasa verbal seperti “minum susu” saja. Dengan perkembangan otak bayi karena dirangsang oleh stimulus-stimulus ini, tentu akan meningkatkan kecerdasan anak dalam tahap pembelajaran selanjutnya.

Selain itu, anak Anda akan lebih mudah dalam mempelajari simbol, bentuk dan gambar. Selain meningkatkan kecerdasan anak, program bahasa isyarat bayi ini juga dapat mempercepat anak bicara. Bayi yang sering menggunakan bahasa isyarat dalam berkomunikasi, akan termotivasi untuk berbicara.

Program bahasa isyarat bayi memfasilitasi proses belajar bicara, karena membantu bayi yang belum dapat bicara untuk mengkomunikasikan keinginan dan kebutuhannya. Sebagai contoh, Anda sudah mengajari bahasa isyarat untuk “ya” adalah menggangguk, dan “tidak” untuk menggeleng.

Setiap anda mengatakan “ya” sambil mengangguk, bayi Anda akan termotivasi tidak hanya menganggukkan kepalanya saja, tapi ia cenderung akan mengatakan “ya” sebagai respon otomatisnya.

Begitu juga dengan beberapa jenis bahasa isyarat lainnya. Karena itu, penting untuk diketahui dalam mempelajari bahasa isyarat bayi, perlu juga menggunakan bahasa verbal.
Powered By Blogger